Puncak Acara TNGP dihadiri dua Pejabat di Lingkungan Kemenag dan Dinas Pendidikan

 Minggu, 29-November-2020 pukul 09.00WIB Media Guru mengadakan webinar yang terakhir dengan tema Temu Nasional Guru Penulis (TNGP). Webinar ini dilaksanakan secara virtual melalui Metting Zoom dan Live Streaming YouTube yang di ikuti lebih dari 300 partisipan. Peserta dalam webinar ini adalah seluruh guru penulis di Indonesia. Acara dibuka oleh Sri Subekti dan dilanjutkan oleh Mohammad Ihsan selaku CEO MediaGuru. Dalam acara ini terdapat 4 Host :

1. Sri Subekti

2. Nuraeni

3. Andi M. Yasin

4. Eko Prasetio



"Seharusnya acara ini dilakukan di Jakarta, seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun, karena pandemi harus dilakukan melalui zoom," Ungkap Mohammad Ihsan dalam membuka acara.



CEO Media Guru tersebut mempaparkan tema TNGP hari ini yakni Guru Indonesia Merdeka Berkarya. 

Selain itu, pria berkulit kuning sawo tersebut juga mengumumkan pemenang lomba menulis bertemakan Guru Indonesia Merdeka Berkarya. 150 pemenang, tulisannya akan diterbitkan menjadi buku antologi.



CEO Media Guru juga mengadakan program baru. Program itu tak jauh beda dari program sebelumnya, yang semula SAGUSABU (Satu Guru Satu Buku) sekarang menjadi SAGUSABU SATU TAHUN (Satu Guru Satu Buku Satu Tahun). Harapannya minimal dalam satu tahun dapat menyelesaikan satu naskah buku.


Usai sambutan dari CEO MediaGuru, acara dilanjutkan oleh Nuraeni dan menampilkan video dari beberapa ikatan guru penulis Indonesia di antaranya, ikatan penulis Bintan, Kepri, Batam, Banyuwangi, Pariaman, cianjur, bogor, dan masih banyak lagi. 


Setelah video ditampilkan, terdapat satu perwakilan dari setiap daerah yang menyampaikan sepatah dua patah kata yang membuat suasana menjadi haru.

Dalam acara tersebut, bapak kepala Kemenag Kabupaten Bintan Kepulauan Riau beserta Istri juga hadir di meeting zoom, dia memberikan semangat kepada para guru untuk tidak berhenti menyebarkan virus literasi di manapun berada. 

Selain itu kepala dinas pendidikan dari kabupaten Grobogan Jawa tengah yang saat itu memberi sambutan singkat karena bersamaan dengan acara lain, juga menyemangati guru penulis untuk tetap semangat menggerakkan literasi.


Disela-sela acara Eko Prasetyo salah satu host diacara ini mengadakan  kuis, peserta diperbolehkan menjawab dari room chat zoom atau klom chat du YouTube. Pemenang adalah orang yang paling cepat menjawab. Hadiah dalam kuis ini akan mendapatkan pelatihan menulis di MediaGuru secara gratis untuk 5 pemenang. Panitia juga menyediakan sertifikat gratis bagi seluruh peserta yang mengikuti acara webinar ini.


Nuraeni juga mengungkapkan hal serupa dengan yang di katakan pria berkulit kuning sawo itu diawal acara bahwa "mungkin mereka naik MRT bareng-barengnya tahun depan, semoga ini terakhir kalinya kita reuni lewat zoom" kata Nuraeni salah satu host diacara ini.


Dalam webinar ini, siswa MTsN 7 KEDIRI antusias mengikuti acara. "saya mengikuti webinar ini karena  penasaran dan ingin menambah ilmu pengetahuan," Kata Putri Chakiki, salah satu anggota jurnalis MTsN 7 Kediri. 

"Semoga covid segera  hilang, saya ingin ikut temu penulis di Jakarta," tambah Isna, yang saat ini juga menyukai kegiatan tulis menulis ini.

Penulis: Isna-8b dan Kiki-7d

Editor: Zar-8i

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget