MTsN 7 Kediri Raih Juara dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah SSK Kab Kediri



Kediri, 12 November 2020.  Acara penyerahan hadiah lomba Penulisan Karya Ilmiah, yang diselenggarakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pemerintah Kabupaten Kediri berlangsung lancar. Acara tersebut merupakan tindak lanjut dari pengumuman resmi pada Jum’at Oktober 2020 oleh dewan juri, bahwa peserta dari MTsN 7 Kediri meraih juara dua. 

Dalam kompetisi ini, madrasah menurunkan tim SSK madrasah yang terdiri dari Dinda Aulya Zuli Astari kelas 8i, Zarit Salsabillah Azzahro kelas 8i, dan Harir Azka Ramadhani kelas 8b. Mereka telah menyusun makalah selama 2 bulan lebih, dengan dibimbing oleh M Maghfur Qumaidi, salah satu guru IPS di MTsN 7 Kediri. Pembimbingan dilakukan di rumah melalui daring maupun secara langsung melalui tatap muka, datang seminggu dua kali ke madrasah. Dalam perlombaan ini, Tim dari MTsN 7 Kediri mengangkat tema, "Pembelajaran Life Skill dalam Menyongsong Bonus Demografi." 



“Awalnya kami kesulitan mencari tema yang tepat, karena sulit menemukan kasus yang mengancam bonus demografi, seperti pernikahan dini, pembulian, putus sekolah, dan lain-lain. Akhirnya kami bersama tim dan guru pembimbing, berdiskusi tentang tema yang akan diangkat,” ujar Dinda.

“Iya, hasil diskusi kami justru mendapatkan sesuatu yang sebaliknya, madrasah telah menyiapkan pendidikan kecakapan hidup (life skill) dalam menghadapi bonus demografi, yang mungkin saat ini tanpa disadari oleh siswa,” kata Azka. “Ternyata dari pengumuman itu kami dapat juara dua, rasanya tak percaya, kami mendapatkan hadiah pembinaan  sebesar 3 juta Rupiah dan piagam penghargaan,” lanjutnya.

Tim SSK MTsN 7 Kediri terkejut, sekaligus senang mendengar bahwa Tim mereka berhasil memenangkan perlombaan.  Sebelumnya sempat ragu akan memperoleh juara, karena Tim lawan begitu hebat saat mempresentasikan hasil karya mereka. Presentasi dilaksanakan pada Kamis, 22 oktober lalu, tepatnya pukul 08.30 WIB melalui aplikasi Zoom. Namun, setelah hasil diumumkan mereka sangat senang dan terkejut karena tidak menyangka akan memperoleh juara. 



"Kami sangat senang dan bahagia. Tak lupa kami berterimakasih kepada orang tua, Bapak Kepala Madrasah, Bapak Waka Kesiswaan, Bapak Maghfur, dan semua guru serta karyawan yang selalu berdoa, memberi semangat, dan mendukung kegiatan lomba ini," ujar Harir Azka Ramadhani Tim SSK MTsN 7 Kediri.

Hadiah langsung diserahkan oleh Moh. Malik  selaku kabid,  DP2KBP3A.  “Sebenarnya kami ingin mengundang siswa dan pihak sekolah  untuk hadir di kantor, tapi karena kondisinya masih seperti ini, Covid-19, maka kami langsung mengantar hadiah tersebut,” kata Malik. “Lomba karya tulis ini dilaksanakan dalam rangka untuk menumbuhkan semangat bagi siswa agar lebih termotivasi dalam belajar terutama dalam kegiatan Sekolah Siaga Kependudukan. Ibaratnya agar anak-anak ini tidak hanya berlatih saja, namun juga bertanding,” sambungnya. 

“Madrasah literasi dengan berbagai program, sebenarnya dalam upaya menyiapkan itu, tentunya juga untuk program-program yang lain. Intinya di Madrasah kami adanya persiapan menghadapi bonus demografi, dan isyallah tidak ada kasus yang melemahkan produktifitas sumber daya manusia, menyiapkan generasi muda dalam menghadapi permasalah hidup,” ujar Muksin Zeni menambahkan.



Selain itu Muhammad Zainudin juga menyampaikan bahwa madrasah untuk saat ini menggalakkan reseach atau penelitian. “Bukan berarti program literasi dan program-program lain berhenti. Program Adiwiyata, Madrasah Washatiyah, Madrasah digital, dan lain-lain tetap kami pacu untuk meningkatkan prestasinya. Dan penelitian adalah pengembangan program dari program-program yang sudah ada,” ujarnya bersama-sama menerima hadiah dan piagam penghargaan dari pihak DP2KBP3A.


Setelah usai acara, pihak madrasah menyerahkan dua buku yang ditulis oleh Zainuddin, yang berjudul Madrasah Anti Sampah plastik, dan Maghfur menyerahkan buku non fiksi yang berjudul Menyingkap Rahasia Bumi Literasi, dan novel yang berjudul ‘Tergoda kiamat.” ( Zar_8I).

Editor: Din_8I

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget