MEMPERINGATI HARI PAHLAWAN NASIONAL

 Oleh: Nova Nur Afifah

Setiap tanggal 10 November. Seluruh bangsa Indonesia memperingati hari pahlawan nasional. Pahlawan adalah keteladanan dan panutan dari sosok yang telah memberikan perubahan positif. Makna pahlawan adalah orang yang berjasa bagi bangsa. Merdeka atau mati adalah pilihan kata untuk mempertahankan kemerdekaan. Bangsa yang besar adalah bangsa yang tak pernah melupakan jasa para pahlawan nya. Peringatan hari pahlawan nasional tahun 2020 ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Dalam garis besar bahwa kegiatan hari pahlawan nasional ada 3 menu: upacara ziarah nasional, upacara tabur bunga dilaut, dan upacara penganugerahan pahlawan nasional. Dulu kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti bencana alam, narkoba dan lain lain.

Muncul nya peringatan hari pahlawan nasional bermula dari pertempuran surabaya melawan sekutu pada tanggal 10 November 1945. Pada tanggal 31 Agustus, bendera merah putih di kibarkan diseluruh Indonesia. 19 September para pejuang surabaya menurunkan bendera dan merobek warna biru yang dikibarkan dihotel yamato. Dan kemudian dinaikkan kembali dengan menyisakan warna merah dan putih yang merupakan warna bendera Indonesia. 10 November 1946, presiden Sukarno menetapkan bahwa setiap tanggal 10 November harus memperingati hari pahlawan nasional. 10 November 1945 terjadi pertempuran surabaya. Tokoh besar yang mengorbankan semangat perlawanan rakyat surabaya adalah Bung Tomo. Hari pahlawan bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan. Berikut kata-kata untuk mengenang hari pahlawan nasional "Selamat Hari Pahlawan 10 November, jasamu selalu kami kenang, setiap perjuanganmu tiada kata akhir". Bung Tomo lah yang menjadi salah satu tokoh yang berhasil membangkitkan rakyat untuk perlawanan terhadap penjajah. 

Pertempuran surabaya berlangsung cukup panjang, karena alotnya perlawanan dari pihak Indonesia. Pertempuran ini baru mereda sekitar 3 minggu. Diperkirakan 6000-16.000 pejuang Indonesia gugur dalam pertempuran ini. Akibat pejuang itu hilang, negara lain menjadi lebih bersemangat untuk bertempur, untuk mencapai kemerdekaannya. Ada juga yang melalui pendidikan. Dimasa bebas penjajahan, kini indonesia memiliki pahlawan baru yang sedang memperjuangkan kesejahteraan hidup yakni dokter dan tenaga kesehatan lainnya. Pahlawan yang tegar untuk melawan covid19.


Jangan sampai generasi muda ini melenceng dari tujuan bangsa . Rangkul lah anak anak muda karena nanti yang akan menjadi penerus dan pemimpin bangsa. Pahlawan memiliki keberanian pengorbanannya dalam membela kebenaran, seperti yang kita ketahui, kemerdekaan didapatkan melalui perjuangan para tokoh bangsa. Berikut ini nama biodata pahlawan kemerdekaan: Soekarno, Moh Hatta, Soedirman, Pangeran Diponegoro, Imam bonjol, Kartini, Cut Nyak Dien, Dewi Sartika, Martha Chirstina Tiahahu, Nyi Ageng Skrang. Berikut pesan pesan dari para tokoh pahlawan: Bung Tomo: jangan memperbanyak lawan, tetapi perbanyaklah kawan. Ir Soekarno: berikan aku 100 orang tua niscaya akan ku cabut  semeru dari akarnya. Dan berikan aku 10 pemuda, niscaya akan ku guncangan kan dunia, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawan nya. Moh Hatta: pahlawan yang setia itu berkorban.

Editor: Jurnalistik





Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget