Laila Siswa MTsN 7 Kediri Menjadi Narsum Nasional Webinar Temu Nasional Penulis Anak

 


Layla Rahmatul Rizki. Sepintas, mungkin tak ada yang menyangka, dengan sosoknya yang kalem dan rendah hati. Siswa kelas 9 ini dulu adalah pemalu. Namun, sejak dia ikut bergiat dalam literasi menulis buku, menjadi sosok yang percaya diri, beragam lomba pun telah diikuti. Dalam ajang putri Batik tahun 2020, dia adalah kandikdat 10 besar.


Amanah Seorang bapak adalah buku pertama yang dia tulis. Buku itu berkisah tentang seorang perempuan yang menjalankan amanah dari suaminya sebelum meninggal dunia.



"Saya di Pesantren. Terus terang agak sulit  karena harus membagi waktu. Saya menulis pada malam hari, suasananya hening sehingga semua inspirasi mengalir," kata gadis yang beranjak remaja itu.



Memang sejak 4 tahun lalu MTsN 7 kediri telah mencanangkan Gerakan Literasi Madrasah, dan berhasil menyabet juara di kanwil Kemenag Jatim kategori Madrasah Literat. Selain itu di Madrasah tersebut juga telah terbit puluhan buku ber-ISBN, baik dari kalangan guru maupun siswa. MTsN 7 Kediri juga mempunyai pembina, yang biasa mengisi Diklat maupun seminar. Guru tersebut peraih juara lomba tingkat nasional di Kemendikbud Jakarta serta menyabet juara nasional di Unsud Solo.






Gerakan literasi di madrasah hingga kini terus berkembang. Bukan hanya buku-buku saja yang terbit di madrasah yang berada di kecamatan kepung itu. Namun, berita-berita jurnalistik juga hampir tiap hari berseliweran secara online.


Dari kegiatan literasi juga menyabet beberapa kejuaraan di antaranya lomba jurnalist blog Radar 2020 dan menulis karya ilmiah siaga kependudukan pada bulan November tahun ini. (Muhammad Zainuddin).


Editor; Maghfur

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget