Diklat Interen, Pemilihan Pengurus, dan Tasyakuran

 


Kepung, 19 November 2020. Tim Jurnalis MTsN 7 Kediri mengadakan diklat interen, pemilihan pengurus Tim Jurnalis, dan juga syukuran atas kemenangan dalam lomba penyusunan karya tulis kependudukan. 



Acara tersebut dimulai tepat pukul 08:00-11:30 WIB. Narasumber dalam acara tersebut, Mukhsin Zeni Supraba dan M Maghfur Qumaidi selaku pembina Tim Jurnalistik. Agenda ini dihadiri sebanyak 17 peserta anggota Tim Jurnalis.

Maghfur Qumaidi menjelaskan tentang produk-produk jurnalistik, yang terdiri dari penulisan berita, opini, cerpen, essay, kolom, dan tajuk. Selain itu peserta juga dibekali cara mengedit naskah berita. Maghfur juga memberikan motivasi kepada Tim Jurnalis agar semangat menulis dan tidak takut dalam menulis. "Tulis saja apa yang ingin kamu tulis, tapi perhatikan rambu-rambu menulis. Tahun kemarin saya hanya mengenalkan tentang penulisan berita, dan editing. Namun, tahun ini dan ke depan harus lebih ditingkatkan, semua jenis tulisan jurnalistik harus dikuasai," ujar maghfur.  



"Acara ini diadakan untuk melatih penulisan artikel para siswa-siswi, dan untuk mempererat hubungan anggota Tim Jurnalis MTsN 7 Kediri karena sebelumnya mereka belum pernah bertemu karena terhalang pandemi," sambung Maghfur saat diwawancarai di depan kelas 8A. 

Putri Chakiki siswi kelas 7D juga mengatakan bahwa ia sangat terinspirasi mengikuti diklat ini karena dapat menambah ilmu pengetahuan di bidang kepenulisan.

Setelah selesai, dilanjutkan acara kedua yaitu Pemilihan Ketua Tim Jurnalistik. Ke empat kandidat yaitu Dinda Aulya Zuli Astari kelas 8I, Niha Hanum Salsabila kelas 8D, Zarit Salsabillah Azzahro kelas 8I, dan Hafid Zuyyinarahmah kelas 8D maju satu persatu untuk membacakan visi misi. Setelah selesai membaca visi misi, dilanjutkan dengan voting. Mukhsin Zeni membagikan kertas yang didalamnya digunakan untuk memvote para kandidat Ketua Ekstrakulikuler Jurnalistik. Hasil suara terbanyak diperoleh Dinda Aulya Zuli Astari dengan perolehan 8 suara, lalu Zarit Salsabillah Azzahro dengan perolehan 7 suara, Hafid Zuyyinarahmah dengan perolehan 2 suara, dan Niha Hanum Salsabilla dengan perolehan 0 suara. Kandidat yang mendapatkan suara terbanyak akan menjadi ketua Tim Jurnalis di tahun 2020-2021. 

Muksin Zen, mengatakan bahwa kegiatan jurnalistik jangan hanya monoton menulis berita saja. Tapi juga menulis apa yang sudah di Diklatkan hari ini. Dia juga menyampaikan agar semua aktif menulis, agar kegiatan jurnalistik ini bermanfaat bagi siswa MTsN 7 Kediri, baik untuk Tim Jurnalistik sendiri, madrasah, maupun masyarakat. Dan harus ingat tim harus tetap kompak, pungkasnya.


Setelah acara selesai mereka mengadakan tasyakuran, makan bersama di Bakso dan es jeruk di Bakso Maryam Kebonsari Kencong. (Din_8i)

Editor: Tim Jurnalistik

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget