Workshop Daring Penulisan Karya Tulis Peluncuran Website www.komnasdikkediri




   
   Sabtu, 12 September 2020. MTsN 7 Kediri menjadi tuan rumah dalam rangka pelaksanaan acara peluncuran website www.komnasdikkediri. Acara ini dilaksanakan bertempat di ruang kelas 9A MTsN 7 Kediri. Acara ini dimulai dari pukul 08.30 WIB sampai dengan pukul 10.30 WIB. Hari ini merupakan workshop pertama yang dilaksanakan. Dan dari 2 hari yang telah direncanakan.  Pelaksanaan workshop daring penulisan karya tulis peluncuran website ini di datangi oleh bapak Kepala Kemenag kab. Kediri yang bernama Dr. Zuhri, S.Ag., M.Si. Serta dosen dari Universitas Malang yaitu Muhammad Yasin , S.Kom., M.Kom. Dan dengan pembawa acara yaitu Erika Dwijayani.

   

   Dikarenakan adanya virus Corona yang telah mewabah di Indonesia, maka semua orang yang sedang melaksanakan kegiatan di luar rumah diwajibkan mengikuti protokol kesehatan. Termasuk para tamu pada acara tersebut. Yaitu dengan memakai masker, jaga jarak minimal 1 meter, dan mencuci tangan. Dan para tamu juga akan disemprot dengan cairan desinfektan yang sudah disediakan sebelum memasuki ruangan yang akan digunakan untuk acara tersebut. Semua ini dilaksanakan untuk mencegah pertambahan kasus pasien positif virus Corona.



   
   Ketua Komnasdik Mohammad Yasin, S.Kom, M.Kom menyampaikan bahwa workshop diprediksi hanya diikuti kurang dari 100 peserta dan hanya diikuti oleh beberapa kabupaten atau kota di Jawa Timur. Namun tak disangka, jumlah peserta malah meledak bahkan lebih dari 150 orang yang berasal dari daerah Jawa Barat. Ketua komnasdik pun juga mengucapkan terimakasih kepada kepala Kemenag Kab. Kediri, Kepala sekolah MTsN 7 Kediri, serta semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini.



   Acara selanjutnya adalah Penyerahan Piagam Hukum Moderasi Keberagamaan Indonesia jilid 4 kepada kepala Kemenag Kab. Kediri. Dan diikuti dengan acara selanjutnya yaitu peluncuran konsep dan pemotongan tumpeng. Kemudian di lanjutkan dengan penutupan dan bacaan hamdalah.       



  Workshop ini dibuka oleh Kepala Kemenag Kab. Kediri, Dr. Zuhri , S.Ag., M.Si. yaitu orang yang memberikan materi utama . Yang bertajuk, "Kebijakan Kemenag Kab. Kediri Tentang Gerakan Literasi Sekolah di Lingkungan Kemenag Kab. Kediri". Beliau menyampaikan bahwa guru harus pandai dan bisa menginspirasi murid-murid nya dan karya guru harus bisa dibaca oleh muridnya . Workshop ini diadakan secara daring, ini juga dalam rangka mematuhi protokol kesehatan. Hal itu untuk menghindari penyebaran Covid-19. 

   Dan pemateri ke-2 adalah Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kediri, yang diwakili oleh kepala seksi (kasih) SMK, Sidik Purnomo, S.Pd., M.Si. menyampaikan bahwa ada 3 kecakapan abad 21 yang harus dibelajarkan dan dikuasai oleh anak didik , yaitu kecakapan Literasi, keterampilan berpikir tingkat tingg , dan karakter. Untuk mengembangkan Literasi di sekolah dapat melalui 3 tahap, yaitu tahap pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Namun dapat dilakukan dengan memanfaatkan semua bagian sekolah sebagai media Literasi.

  Kegiatan workshop ini akan dilanjutkan pada tanggal 13 September mendatang dengan narasumber Dr. Nur Miftahul Fuad, S.Pd, M.Pd. kasih SMP Dinas Pendidikan Kab. Kediri dan M. Maghfur Qumaidi, S.Pd, S.Sos, M.Si. Ketua Ikatan Pendidikan Penulis Jawa Timur (My). 

   Kepala Kemenag kab. Kediri memgatakan bahwa "untuk itu dengan adanya wabjek yang dimiliki oleh komnasdik ini yang berada di seketariatnya sementara di MTsN Kandangan. Ini mudah-mudahan dapat menjadi manfaat."

Penulis: (Zar-8I, Nad-7C, Vin-7C, Isy-7B)

Editor: Han 8D

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget