Diseminasi Penyusunan RPP Inspiratif dan Bimtek E-Learning MTsN 7 Kediri


Madrasah, 5 Agustus 2020. Tepat pukul 08.00 MTsN 7 Kediri mengadakan kegiatan diseminasi dan evaluasi penggunaan E-learning. Diseminasi  ini merupakan tindak lanjut dari PJJ yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan Surabaya, yang telah dilaksanakan pada tanggal 16 Juni sampai 21 Juli 2020. Peserta Diklat wajib untuk melaksanakan diseminasi.
Acara tersebut dibuka oleh kepala madrasah Muhammad Zainuddin, S.Pd., M.Pd.I. dalam sambutanya mengatakan, masa pandemi tidak menyurutkan Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, melalui BDK diadakan PJJ. Diklat  penyusunan RPP inspiratif harus di tularkan ke semua bapak ibu guru, khususnya MTsN 7 kediri.  Sebelumnya juga  disampaikan untuk tetap mematuhi protokol. 

Untuk Diklat tersebut, madrasah yang berada di jalan Kebonsari itu mengirimkan 4 orang guru. Antara lain Tri Lestari, S.Pd. guru Mapel Matematika, Sahroeni, S.Pd., M.Si. guru Mapel IPS, Siti Muthorikah, S.Pd. guru Mapel IPA, dan Azmil Amin, S.Ag. guru Mapel PAI.


Dalam kesempatan tersebut, Tri Lestari menyampaikan tentang RPP perbaikan atau revisi Kurikulukm 2013 tahun 2017 dan RPP sesuai edaran Mendikbud No. 14 tahun 2019. Dia menguraikan bahwa dalam RPP harus mengintegrasikan 4 komponen yang meliputi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Literasi,  4C (Creative, Critical thingking, Communicative, dan Collaborative), HOTS (Higher Order Thingking Skill)

Pemateri berikutnya Sahroeni. Guru IPS tersebut menyampaikan tentang format RPP sesuai edaran Mendikbud no.14 tahun 2019. Dia mengatakan bahwa RPP yang disusun harus berorientasi pada siswa. RPP meliputi tiga ( 3) komponen pokok yaitu Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, dan Penilaian. Dalam menyusun tujuan pembelajaran memperhatikan rumusan abcd  maksudnya audiens (a), behaviour (b), condition (c), degree (d). Tujuan pembelajaran mengacu pada rumusan Indikator pencapaian kompetensi (IPK),  dan IPK mengacu pada Kompetensi dasar yang tercantum dalam silabus. 

Sebagai pemateri format RPP yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran Siti Muthorika mengatakan bahwa kegiatan pembelajaran meliputi Pendahuluan, kegiatan inti, penutup. Komponen PPK, Literasi , 4C dan HOTS harus di integrasikan ke dalam langkah-lagkah kegiatan pembelajaran .


Sementara itu  Azmil Amin menyampaikan tentang Penilaian pembelajaran  yang meliputi teknik penilaian yaitu penilaian sikap spiritual, penilaian sikap sosial, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan.
Acara tersebut diikuti oleh seluruh guru MTsN 7 Kediri.

Sebelum acara usai selanjutkan diisi evaluasi pelaksanaan E-learning dengan instruktur Muhammad Syahrizal Firdaus, S.Pd.  Guru TIK itu memaparkan tentang E-learning  diawali login, melakukan absensi, membuat kelas, menggabung siswa, hingga penilaian semester. Acara tersebut berlangsung sampai pukul 12.00.  (Eni)
Editor: MQ.

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget