Ekskul Jurnalis siap Liput Kegiatan Madrasah

MTsN 7 Kediri (04/08/2023). Hari Jumat mulai pukul 14.00 hingga 15.00 WIB madrasah dilaksanakan kegiatan ekstrakurikuler. Salah satunya adalah ekstrakulikuler Jurnalistik. Ekskul yang dibina oleh M. Maghfur Qumaidi tersebut diikuti 52 siswa, terdiri dari peserta lama dan baru. Kegiatan tersebut berlangsung di kelas 8 A. 

Dalam pelaksanannya ekskul ini terbagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama adalah peserta baru, dan kelompok kedua adalah peserta lama.

Untuk peserta baru diberi materi oleh Maghfur tentang dasar-dasar menulis berita. Sedangkan kelompok dua dibina oleh Eri Novia Ferbriyanti untuk praktik di lapangan meliput kegiatan ekstra yang saat itu aktif.

"Dasar-dasar menulis berita itu penting bagi pemula, karena menulis berita perlu keahlian khusus," ucapnya.

"Banyak penulis berita  yang tidak memenuhi kaidah penulisan, misalnya penulis ikut beropini (menyampaikan pendapat), padahal menulis berita itu adalah memotret peristiwa dengan tulisan. Selain itu banyak penulis berita yang tidak memenuhi unsur pemberitaan." lanjutnya.


Maghfur juga menjelaskan bahwa menulis berita tidak sama dengan menulis di media sosial, karena dalam menulis berita ada pertanggungjawaban jurnalistik.

Usai mendapat penjelasan, para peserta diberi tugas membuat kepala berita, sebagai dasar menulis berita, yang hasilnya langsung di koreksi, dibahas, sekaligus dievaluasi.

"Anak-anak baru keren, rupanya kalian berbakat semua," ungkap Maghfur. Setiap selesai mengoreksi anak-anak memberi aplous untuk mereka.

Sementara itu, di lapangan, yang didampingi Eri, anak-anak aktif menulis berita, mereka meliput kegiatan ekstrakurikuler yang aktif pada hari itu, karena ada ekstrakurikuler lain yang terjadwal di luar hari Jumat.

Ektra jurnalis meski terjadwal pada hari Jumat, namun pembimbingan lanjutan tetap dilaksanakan melalui grup WhatsApp (online) hingga berita ini diturunkan diskusi di grup masih berlangsung.

Penulis    : Ibnu Aqil Azizi 8F, 

Reporter : Ghaniah Syasya Dayanaaa 8H

(Ekstra jurnalistik)

Post a Comment

Previous Post Next Post