Bimbingan Lanjutan untuk Penulis Pemula

Rabu, 08 September 2021. Tim Literasi MTsN 7 Kediri kembali mengadakan bimbingan lanjutan bagi para penulis pemula. Para penulis muda dibimbing untuk menerbitkan novel bernafaskan islami. Bimbingan yang bertajuk Diklat Kepenulisan Cerita Islami ini dibimbing langsung olehM. Maghfur Qumaidi. Bimbingan yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB ini merupakan lanjutan dari  bimbingan-bimbingan yang sebelumnya telah terlaksana selama 2 Minggu terakhir. 



Bimbingan diimulai  oleh M.Arwani. penulis dan guru MTsN 7 Kediri itu menyampaikan cara  memberi nafas islami dalam penulisan novel. Selain itu Arwani mengingatkan, bahwa ini bukan menulis novel umum tetapi novel islami.



Setelah bimbingan oleh M Arwani kemudian dilanjutkan dengan bimbingan oleh M. Maghfur Qumaidi tentang tata cara penulisan dan cara pengembangan ide penulisan. 

Beberapa dari penulis muda ini sudah mahir dalam menulis novel, salah satunya adalah Niha Hanum Salsabila. Perempuan yang akrab disapa Hanum ini telah menuntas kan 105 halaman melewati target awal minimal 80 halaman dari. 

Namun,  juga terdapat beberapa penulis yang kurang bisa berkembang. Karena memiliki beberapa kendala seperti, sulit membagi di antaranya dan kurang  mampu membagi waktu, tidak memiliki fasilitas yang memadai seperi Hp atau laptop. Beberapa dari mereka juga beralasan bahwa mereka mudah terserang virus kemalasan dan kehilangan tujuan awal mereka.  



 Para pembimbing memberikan  saran dan dorongan kepada mereka agar bisa melawan keterbatasan mereka. Para pembimbing memiliki harapan besar kepada para penulis muda bahwa mereka dapat menjadi penulis yang andal dan dapat menghasilkan karya yang baik dan bermanfaat.

Pada pukul 11.30 WIB bimbingan pun  diakhiri dengan pesan-pesan yang disampaikan oleh Maghfur, "Bila ingin memiliki kelebihan, maka kita juga harus bekerja lebih. Jika Anda tetap biasa-bisa saja, maka Anda juga menghasilkan sesuatu yang biasa-biasa saja, atau bahkan tidak menghasilkan apa-apa, dan Anda  akan menjadi penonton atas peran orang lain."

Reporter ; Jibril Adam F

Editor.     : Maghfur

Post a Comment

Mantab dan luar biasa untuk MTsN 7, kreatif, inovatif penuh inspirasi. Semoga sukses selalu untuk semua kegiatan.

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget