Trik Jitu Menghadapi PAS Daring



Oleh: Putri Chakiki

Siswa MTsN 7 Kediri

Di saat pandemi Covid-19, segala aktivitas akademik semua siswa dilakukan secara daring di rumah, begitu juga dengan ujian. Bisa jadi animo pelaksanaan ujian daring berbeda dengan ujian yang biasanya dilakukan di ruang kelas tiap sekolah. Tidak sedikit dari para murid yang merasa malas dalam mempersiapkan ujian daring ini.

Selain itu, peraturan selama ujian daring juga akan berbeda dengan biasanya. Oleh karena itu, berikut ini saya membagikan beberapa tips  cara menghadapi ujian daring dan apa saja yang perlu kamu persiapkan untuk mengikuti ujian daring selama pandemi ini.

*Belajar dan pahami*

Jadwal ujian biasanya diberikan satu atau dua minggu sebelum pelaksanaan. Mulailah belajar materi dari awal. Jangan belajar secara dadakan ya, belajar sejak jauh hari sebelum ujian memberimu waktu cukup untuk belajar dan menambah waktu untuk mengulang materi yang kurang kalian pahami.

Catat dan pahami seluruh materi. Dengarkan kembali audio atau video rekaman pemaparan materi yang disampaikan oleh bapak dan ibu guru untuk memudahkan dalam mengingat materi. Tidak lupa untuk menulis poin-poin penting yang terdapat dalam setiap materi pembahasan.

*Kurangi penggunaan media sosial*

Gunakan waktu maksimal 30 menit untuk bermain media sosial sebagai refreshing. Jangan sampai terlewat dari batas yang sudah ditentukan. Ingat, masih ada banyak waktu di luar masa-masa ujian untuk bermain media sosial. Dalam keadaan seperti ini, fokuslah untuk belajar. Kalau kalian tidak bisa disiplin menggunakan waktu, bisa menyesal di kemudian hari, tapi demi hasil ujian yang lebih baik, untuk sementara kurangi waktumu untuk melihat telepon selulermu.


*Cari tempat  nyaman*


Atur meja dan kursi yang nyaman untuk ujian. Pastikan meja tempat mengerjakan ujian bersih. Jangan lupa untuk mengingatkan orang rumah bahwa hari itu kamu akan melaksanakan ujian agar kondisi rumah tidak berisik dan tetap tenang.

*Berdoa*

Satu hal yang tidak boleh ketinggalan adalah berdoa. Berdoalah agar dimudahkan dan diberikan kelancaran selama mengerjakan ujian daring. Karena tanpa izin-Nya, segala sesuatu tidak akan berjalan seperti seharusnya. Selain itu, mintalah doa restu orang tua sebelum mengerjakan ujian. *SEMOGA SUKSES!*

Editor: Tim Jurnalis

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget