MANASIK HAJI SEBAGAI MENYAMBUT IDUL ADHA

Kediri (18/06/2024) MTsN 7 Kediri melaksanakan kegiatan manasik haji, yang di ikuti oleh seluruh siswa siswi kelas 8. Kegiatan ini dimulai pada pukul 07.00 WIB sebelum itu semua menata barisan di belakang dan didampingi oleh wali kelas/pengawas. 

Dalam melaksanakan Manasik Haji ini semua di wajib kan memakai kain ihram untuk lelaki dan baju gamis putih bagi perempuan. Semua anak membawa aksesoris nya seperti bendera,id card,scraf dan lain-lain. Acara ini diawali dengan sambutan dari Bahrudin selaku pemandu acara manasik haji ini. Dilanjut sambutan dari Muksin Zeni dan Abbas Shofwan.


Usai sambutan selesai di lanjut dengan umroh yang di dahulukan kelas 8A sampai 8K setelah itu semua beristirahat di maktab yaitu tanggal 9, lalu haji pada tanggal 10 Dzulhijjah untuk melakukan Wukuf untuk sholat duhur Ashar jamak taqdim, usai melakukan sholat jamak taqdim di lanjut ke Muzdalifah untuk mencari kerikil sebanyak 70± dan di lanjut lagi ke Mina untuk bermalam.

Pada 11 Dzulhijjah di lanjut untuk pergi ke Mina untuk lempar jumroh kembali dengan jumlah 21. kembali ke Mina dan dilanjutkan ke maktab. 


   "Manasik ini tujuan utamanya memberikan edukasi pembelajaran praktek langsung kepada siswa siswi terutama di kelas 8 yang saat ini ada pelajaran fiqih terkait dengan bab haji, sehingga dengan diadakannya praktek seperti ini anak- anak bukan hanya sekedar paham secara kognitif dan juga betul-betul memahami secara prakteknya." Papar Bahrudin.


"Alhamdulillah anak anak MTsN 7 ini luar biasa ,mudah diatur, tertib dan alhamdulillah semua bisa dilaksanakan dengan tertib rapi dan benar-benar teratur. Saya acungi jempol untuk MTsN 7 Kediri." Ungkap Bahrudin selaku pemandu manasik haji.

Di saat bersamaan dengan manasik haji, di sisi barat mushola belakang penyembelihan hewan qurban berupa dua ekor sapi yang telah terlaksana sejak pukul 06.00. Setelah selesai penyembelihan daging qurban dibagiakan dengan menggunakan besek dan daun jati. 


Penulis: Anara Ayu

Editor: Riani

Post a Comment

Previous Post Next Post